Sabtu, 30 September 2017

Sistem Informasi Psikologi

A. Pendahuluan
Dewasa ini, sering kita mendengar kata-kata tentang "sistem informasi" dalam kehidupan sehari-hari, apalagi dalam dunia perkuliahan. Saya rasa hal tersebut adalah hal yang sering kita dengar bahkan kita ucapkan saar ini. Namun penggunaan kata sistem informasi tidak sesempit itu, sistem informasi itu ternyata banyak jenisnya, mulai dari sistem informasi E-commerce, sistem informasi akuntansi dan bahkan yang akan saya bahas disini yaitu, sistem informasi psikologi. Pada blog ini, maka akan saya bahas satu persatu, apa itu sistem informasi psikologi secara mendalam.

Related image

B. Pembahasan
Mari kita definisi kan satu-persatu dahulu dari ketiga kata tersebut, mulai dari sistem. Menurut Gaol (2008) sistem adalah suatu kelompok unsur yang tergabung dalam tujuan umum dalam mencapai suatu tujuan/objektif. 
Sedangkan informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendukung sumber informasi. Informasi juga dapat dikatakan bermanfaat jika manfaatnya lebih besar dibanding biaya untuk mendapatkannya (Kusrini & Koniyo, 2007).
Sekarang kita membahas pengertian psikologi. Mudah saja, pada intinya psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa, atau ilmu jiwa, psikologi juga dapat dikhususkan sebagai ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia.

Jadi dapat saya simpulkan disini, bahwa sistem informasi psikologi adalah pengolahan informasi yang bersifat mendukung pertumbuhan, perkembangan dan kemajuan dalam dunia psikologi dengan bantuan teknologi sebagai sarana untuk mempermudah tujuan dari ilmu psikologi itu sendiri.
Pada hakikatnya tujuan utama dalam sistem informasi psikologi itu:
1. Menentukan kelemahan-kelemahan dalam ilmu psikologi yang pada sistem yang bersifat manual/cara lama untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan-kebutuhan serta sistem yang baru.
2. Menentukan layak atau tidaknya kebutuhan sistem tersebut dengan tinjauan beberapa aspek diantaranya, ekonomi, SDM, teknik, operasional dan hukum.

Referensi:
Fatta, H. A. (2007). Analisis dan perancangan sistem informasi untuk keunggulan bersaing persaingan perusahaan dan organisasi modern. Yogyakarta: Andi Offset.

Gaol, C. J. L. (2008). Sistem informasi manajemen. Jakarta: Grasindo.

Kusrini., Koniyo. A. (2007). Tuntutan praktis membangun sistem informasi akuntansi dengan visual basic dan microsoft  SQL server. Yogyakarta: Andi Offset.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar